Isnin, 3 Disember 2012

Tips Bagamana cara mencegah flu – Mudah dan Murah

Tips Bagamana cara mencegah flu – Mudah dan Murah

 

Tips mencegah flu

Flu dapat menyerang kita jika sistem imun kita menjadi lemah karena beberapa hal. Maka dari itu untuk mencegah flu dibutuhkan tindakan untuk mencegah sistem imun kita lemah atau menguatkannya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah kita terjangkit penyakit flu.
  • Berjemur di bawah sinar matahari pagi
mencegah flu dengan berjemur di bawah matahari pagi
Sinar matahari tidak hanya sumber vitamin D, namun juga dapat menonaktifkan virus penyakit tertentu. Maka dari itu berjemur di bawah matahari pagi sangat bagus untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh terhadap virus flu. Jika sinar matahari sedikit seperti pada saat musim hujan, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi suplemen vitamin D supaya daya tahan tetap optimal.
  • Konsumsi banyak buah dan sayuran
mencegah flu dengan buah dan sayuran
Sayuran dan buah adalah sumber vitamin dan aneka nutrisi lain seperti antioksidan, betakaroten dan lainnya. Nutrisi ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh jika dikonsumsi secara teratur. Jika ketahanan tubuh anda kuta, maka peluang terjangkit penyakit ini akan semakin kecil.
  • Mencuci tangan sebelum makan
mencegah flu dengan buah dan sayuran
Tindakan ini memang sepele namun memiliki dampak yang besar jika dilaksanakan. Bagian yang paling banyak kuman penyakit adalah tangan dan kaki. Jika kita mencucinya dengan sabun, maka dapat menghindarkan kuman tersebut masuk ke dalam tubuh melalui apa yang kita makan dengan tangan.
  • Tidak merokok dan konsumsi alkohol
mencegah flu dengan berhenti merokok
Rokok dan alkohol adalah dua benda konsumsi yang sama sekali tidak bermanfaat namun disukai. Padahal keduanya berpotensi merusak kekebalan tubuh. Rokok yang dihisap dapat melemahkan fungsi bulu hidung sehingga tidak dapat menyaring udara yang dihirup dan masuk ke dalam paru. Inilah yang membuat perokok rentan penyakit flu.
  • Menutup mulut saat bersin dan batuk
menutup mulut saat bersin
Virus flu menyebar melalui udara, dimana ketika kita bersin dan batuk maka berpotensi menyebarkan virus ini ke udara bebas. Maka dari itu sebaiknya tutup mulut saat bersin dan batuk dengan menggunakan sapu tangan, tisu atau lainnya.
  • Menghindari kontak langsung dengan penderita flu
menghindari menderita flu
Kontak langsung adalah cara yang paling ampuh dalam penularan virus. Maka dari itu ada baiknya kita tidak melakukan kontak fisik dengan orang yang sedang terjangkit penyakit tersebut, misalnya berjabat tangan.
  • Tidak stres berlebihan
menjaga stress
Stres dapat menurunkan kekebalan tubuh. Maka dari itu kita harus mengatur tingkat stres yang kita dapatkan supaya potensi terjangkitnya virus flu dapat semakin mengecil.
  • Olahraga yang teratur
mencegah flu dengan olahraga teratur
Saran ini tampaknya selalu diulang-ulang, namun ini benar-benar efektif mencegah segala macam penyakit, termasuk flu. Gerak tubuh yang teratur dapat memperkuat sistem imunitas tubuh. Olahraga tidak harus berat, setidaknya jalan kaki setiap pagi secara terus menerus.
  • Tidur yang cukup
mencegah flu dengan olahraga teratur
Pola tidur dapat mempengaruhi imunitas kita. Pola tidur harus teratur dan cukup waktunya. Tubuh akan selalu segar dan terhindar dari penyakit flu dan penyakit lain yang berhubungan dengan ketahanan tubuh. Setidaknya, dalam satu hari kita tidur minimal 7 jam dan maksimal 9 jam.
Demkian tips mencegah penyakit flu. Semoga bermanfaat.


 

Tiada ulasan: