Isnin, 3 Disember 2012

Kenali Laringitis, salah satu jenis penyakit tenggorokan


Kenali Laringitis, salah satu jenis penyakit tenggorokan

Laringitis

Definisi Laringitis adalah salah satu penyakit tenggorokan, dimana sesuai namanya adalah merupakan suatu kondisi medis yang melibatkan kotak suara atau laring. Maka dari itu diberi nama laringitis yang merupakan suatu kondisi dimana terjadi peradangan pada kotak suara yang terjadi karena infeksi yang berlebihan atau iritasi oleh bakteri. Kondisi medis ini bisa berlangsung akut dalam waktu singkat atau kronis yang memiliki efek secara jangka panjang. Penyebabnya ditentukan dari kedua keadaan tersebut. penyakit laryngitis - jenis penyakit tenggorokan

Gejala penyakit laringitis

Gejala yang terlihat dari laringitis adalah kualitas suara orang yang menderitanya. Pita suara yang merupakan salah satu dari dua pasang selaput lendiri terletak di dalam laring. Maka dari itu jika laring mengalami peradangan, maka suara akan terdistorsi dan menjadi berbeda daripada saat normal. Gejala yang terlihat antara lain adalah suara menjadi serak, ada perasaan geli pada tenggorokan, terasa sakit di tenggorokan dan tenggorokan terasa kering. Pada beberapa kasus, suara seseorang yang menderita laringitis menjadi sangat lemah dan tidak dapat didengar oleh orang lain. Orang tersebut bisa juga menderita batuk kering dan pada anak-anak bisa menderita kesulitan bernafas. Tenggorokan terasa mampet dan dorongan untuk terus membersihkan tenggorokan adalah sebuah gejala umum.

Penyebab penyakit laringitis

Penyebab laringitis tergantung pada jenis kondisinya, sehingga bisa sangat bervariasi. Penyebab akut antara lain adalah infeksi virus flu, penggunaan suara yang berlebih atau berteriak, penyakit campak, gondok dan difteri. Penyebab ini sudah terbukti bertanggung jawab atas laringitis akut. Sedangkan penyebab dari laringitis kronis antara lain adalah penyakit gastroesphageal reflux (GERD), penyalahgunaan alkohol, merokok, asap bahan kimia yang terhirup, alergen dan iritan yang lainnya. Penggunaan suara yang berlebih juga dapat memicu timbulnya laringitis kronis. Pada suatu kondisi tertentu, infeksi bakteri, jamur, kanker, infeksi parasit atau lumpuhnya pita suara dapat juga terdeteksi sebagai penyebab potensial, namun pada kasus yang sangat jarang terjadi.

Pengobatan penyakit laringitis

Pengobatan penyakit laringitis berpusat pada sebab penyakit. Sebagian besar kasus laringitis adalah infeksi virus dan bisa terobati dengan sendirinya oleh sistem kekebalan tubuh dalam seminggu atau lebih. Pada kondisi lain, dokter akan memberikan pengobatan berupa antibiotik, kortikosteroid dan obat refluks asam tergantung penyebab penyakit laringitis tersebut. Hal yang harus dilakukan antara lain adalah:
  1. Sebelum anda meminum obat, anda bisa melakukan perawatan diri supaya lebih nyaman. Caranya adalah dengan menghirup uap dari semangkuk air panas yang disarankan untuk penderita laringitis.
  2. Gunakan suara anda seperlunya ketika anda sedang dalam masa pemulihan dari penyakit laringitis, apalagi berteriak-teriak hingga otot leher menegang.
  3. Anda harus menjaga kadar air dalam tubuh anda dengan meminum air 1-1,5 liter setiap hari.
  4. Pada pagi hari saat tenggorokan terasa iritasi, maka anda dapat berkumur air hangat yang diberi garam dapur atau ditambahkan cengkeh dan jahe.
  5. Hindari merokok dan konsumsi minuman beralkohol karena dapat memperburuk gejala lebih lanjut.
Demkian adalah ulasan kami mengenai penyakit laringitis, semoga bermanfaat.

referensi : http://www.kimiafarmaapotek.com/index.php?option=com_content&view=article&id=1418:laringitis-radang-pita-suara&catid=223:penyakit-umum&Itemid=82

Tiada ulasan: